Antivirus pun ternyata tak Cukup untuk melindungi PC kita

Maret 17, 2009 pukul 4:30 am | Ditulis dalam penting | 3 Komentar

Perusahaan keamanan antivirus selalu saja kalah beberapa langkah dari para pembuat virus yang selalu membuat tipe virus terbaru atau memperbaharui virus yang ada dengan varian baru sehingga sulit dideteksi.
Hal tersebut dikarenakan kebanyakan aplikasi antivirus yang terinstal di komputer sekarang ini terlalu bergantung pada database yang berisi signature virus. Antivirus hanya bisa mengenali suatu file/program itu sebagai virus dan melakukan tindakan jika kode pada virus terdapat juga signature yang cocok di database. Itulah mengapa kita dianjurkan untuk rajin-rajin melakukan update signature antivirus, semakin sering semakin baik.

Akan tetapi dengan jumlah virus baru setiap harinya yang mencapai ribuan, dan banyak diantaranya yang merupakan virus lama hasil modifikasi, membuat kita tidak bisa bergantung penuh pada antivirus yang mengandalkan mode deteksi signature semata.

Berdasarkan penelitian Damballa, dari sampel 200,000 malware yang dipindai dengan aplikasi antivirus terdepan di pasaran selama enam bulan terakhir, rata-rata kesenjangan antara waktu rilis virus dengan signature untuk mendeteksinya adalah 54 hari, lebih dari setengahnya tidak terdeteksi pada hari diterimanya dan 15 persen tetap tidak terdeteksi setelah 180 hari.

Betapa mengerikannya hasil penelitian tersebut, silahkan anda pikirkan mau beralih ke Linux (yang bebas virus) atau tetap menggunakan windows yang rentan terhadap virus

3 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Emang linux itu gimana? Entar kalau pake linux semua emang nggak da orang yang bikin virus linux???

    • linux memang tidak 100% aman dari virus, tetapi sangat jarang ditemui varian virus untuk linux, kalaupun ada tidak untuk semua versi linux, dan untuk mengatasinya anda tinggal mengupdate system linux anda beres deh masalahnya.

    • Belum ada yang untuk desktop. Setidaknya sampai saat ini. Tapi yang edisi server dikabarkan sudah ada, kurang dari 50 buah.


Tinggalkan komentar

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.