instalasi stardict

Juli 3, 2008 pukul 3:10 am | Ditulis dalam Linux | 4 Komentar

stardict merupakan aplikasi kamus yang telah banyak di pakai saat ini. Terbukti telah lebih dari 1 juta orang telah mendownload program ini. Di linux pun telah banyak disediakan dalam distribusi maupun paket repository yang disediakan oleh distribusi linux tersebut. Pada linux Ubuntu sudah disertakan paket installer stardict di dalam software repository mereka. Cara instalasinya di ubuntu adalah dengan mengetikkan perintah ini di terminal:

sudo apt-get install stardict

Sadangkan jika anda ingin mencari installer stardict untuk linux versi lain dapat mendownloadnya disini. Terdapat berbagai macam installer stardict yang disediakan untuk berbagai sistem operasi, antara lain Mac OS X, Windows, fedora linux rpm, ubuntu linux deb, dan lain-lain.

Jika kita telah menginstall stardict di komputer kita, maka kamus untuk menterjemahkan bhs. Inggris ke bhs. Indonesia maupun sebaliknya belum akan tersedia. Untuk menambahkannya ada dapat mendownload kamus Ing-Ind dan kamus Ind-Ing. Setelah mendapatkan database kamus tersebut anda tingga mengetikkan perintah ini di terminal:

sudo tar -xjvf stardict-quick_ind-eng-2.4.2.tar.bz2 -C /usr/share/stardict/dic
sudo tar -xjvf stardict-quick_ind-eng-2.4.2.tar.bz2 -C /usr/share/stardict/dic

perintah di atas mengekstrak database kamus ke dalam direktori /usr/share/stardict/dic yang merupakan direktori tempat database kamus stardict di tempatkan. Setelah itu anda dapat menggunakan stardict yang berisi database kamus Ing-Ind ataupun Ind_Ing.

Selamat mencoba

4 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Hi, saya menggunakan ubuntu 8.04, stardict sudah saya install dan berhasil. stardict-quick_eng-ind-2.4.2.tar.bz2 dan yang ind-eng sudah saya download, kemudian saya lakukan ekstrak manual dengan klik kanan file-ekstrak here. File ini saya copy dan saya taruh di usr/share/stardict/dict tapi tidak mau di paste. Gmn donk?
    perintah ekstarksi diatas yg lewat terminal tidak bisa saya gunakan.
    Saya menggunakan 2 OS, Vista dan Ubuntu 8.04 apakah ini berpengaruh??

    Terimakasih sebelumnya🙂

  2. hmmm…, saya juga sudah donload dan install stardictnya.., ternyada ada yang kurang perintah ekstrak di terminal, shg menjadi sbb :

    sudo tar -xjvf stardict-quick_ind-eng-2.4.2.tar.bz2 -C /usr/share/stardict/dic

    emang kalau di copy lewat x-windownya nggak bisa kok, bisanya harus lewat terminal alis ketik manual spt diatas. (karena harus sbg admin)

  3. oh ya maaf, itu salah saya. terima kasih atas koreksinya

  4. numpang nanya gan,,,,,
    loq di linux puppy kyak apa cara nginstalnya,,,,,????


Tinggalkan Balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

