Birokrasi Oh Birokrasi

Agustus 31, 2007 pukul 1:40 pm | Ditulis dalam penting | Tinggalkan komentar

    Birokrasi mungkin kata ini akrab ditelinga anda, mungkin juga kata ini juga membuat anda langsung marah. Namun apa itu sebenarnya birokrasi, birokrasi berasal dari kata bureaucracy (bureau + cracy), yang artinya An Organization, such as an administratitive agency or the army, with the following general traits: a chain of commnad with fewer people at the top than at the bottom; well defined positions and responsibilities; fairly inflexible rules and procedures; “red tape”; many forms to filled out; and delegation of authority downward from level to level. Atau bisa juga diartikan

  1. sistem pemerintahan yang dijalankan oleh pegawai pemerintahan karena telah berpegang pada hierarki dan jenjang jabatan, dan
  2. cara bekerja atau susunan pekerjaan yang serba lamban, serta menurut tata aturan (adat dan sebagainya) yang banyak liku-likunya dan sebagainya.

Mungkin pengertian diatas sedikit menggambarkan kekesalan saya akan birokrasi yang  ada di Indonesia. Bayangkan saja untuk mengurus surat pengantar untuk pemasangan spanduk ke dinas Cipta karya saja saya harus menunggu kurang lebi 30 menit, padahal waktu untuk menulis suratnya itu hanya perlu waktu kurang dari 5 menit,  selain itu pungutan yang  menurut saya tidak harus terjadi juga terjadi, mau tidak mau saya harus membayar sejumlah uang yang jumlahnya cukup banyak menurut ukuran  mahasiswa.

Tidak hanya itu, pengalaman tidak inipun terulang lagi ketika saya mengrus ijin pemasangan spanduk di Dispenda kota Bogor. Pada waktu itu memang sudah sebentar lagi waktu sholat jumat, sehingga saya cuma bisa mengisi form administrasi yang disediakan, dan belum bisa membayar uang sewa pemasangan spanduk. Kekesalan saya mulai nampak ketika setelah jam 1 tepat saya datang ke Dispenda lagi, ternyata petugas yang mengurusi perijinan saya belum juga datang, menurut petugas yang saya temui katanya “dia sedang makan dulu diluar” padahal waktu itu sudah jam 1 siang (waktu yang  seharusnya petugas pemerintahan masuk lagi kekantor). Kekesalan saya bertambah lagi ketika disuruh oleh petugas perijinan spaduk untuk menunggu, karena bagian yang melayani kas belum buka lagi (padahal sudah jam 01.30 pm). Sungguh sebuah ketidak disiplinan yang amat sangat keterlaluan.

Beginikah sikap seorang aparatur pemerintahan yang seharusnya melayani masyarakat , malah bekerja seenaknya saja seolah ingin dilayani oleh masyarakat!!. Jika sikap aparatur pemerintahan seperti ini, sudah dapat dipastikan banyak investor yang bakal tidak betah untuk berinvestasi di Indonesia. Kapan bangsa ini bisa maju, jika sikap aparatur pemerintahannya seperti itu.

Marilah bangun Indonesia tercinta ini bersama-sama. Lakukan yang terbaik demi kejayaan bangsa. MERDEKA!!!!!!!!!!!

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

